.::Segenap Warga SMK Ma'arif 2 Gombong, besok hari Rabu, 22 November 2017 mengikuti Jalan Sehat Peringatan HUT PGRI di Kecamatan Gombong ::.

Rabu, 03 Februari 2016

BACK TO SCHOOL


Di awal bulan Januari 2016 ini tepatnya tanggal 4 Januri 2016, serempak siswa, guru, karyawan dan akademisi di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA kembali mulai beraktivitas belajar mengajar masuk semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah dua minggu lamanya istirahat di rumah masing-masing.

Ini tentunya membuat semua kalangan (Siswa, Guru, Karyawan dan Akademisi) menjadi hal penting yang harus disiapkan kembali, mulai dari pakaian seragam, kendaraan, alat tulis, bahkan bekal karena mungkin ada sekolah yang kegiatan belajar mengajarnya seharian penuh (full day school).

Masuk hari pertama terkadang membuat kita gugup dalam menghadapi sesuatu. Hal ini bisa membuat kita lupa sesuatu atau malah tidak siap dalam menjalani kembali aktivitas seperti sebelumnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, saifudinmadugo.com mau bagi-bagi tips untuk kalian semua. Tipsnya bukan hanya untuk kalian yang akan masuk sekolah setelah liburan, tapi juga untuk kalian yang kembali masuk kerja setelah libur panjang akhir tahun.

Persiapan malam terakhir liburan:
  1. Siapkan seragam sesuai jadwal (atau pakaian untuk kamu yang mulai kerja) yang akan dipakai besok pagi. Jangan lupa disetrika yang rapi supaya kamu tetap percaya diri (ini penting)
  2. Siapkan buku pelajaran (modul, LKS atau alat tulis) sesuai jadwal pelajaran (jangan sampai ketika pelajaran dimulai kalian tidak membawa buku pelajaran di hari itu)
  3. Perlunya dibuka kembali pelajaran yang lalu, agar untuk menghadapi pelajaran yang besok pagi tidak lupa, paling tidak mengingatkan kembali materi-materi lalu sehingga sinkron dengan materi yang akan datang.
  4. Berdo’a sebelum tidur supaya besok bangun dengan segar dan tidak terlambat.
  5. Jangan tidur terlalu larut malam agar bisa istirahat dengan cukup dan besok tidak mengantuk di sekolah / tempat kerja.
  6. Periksa kembali alat transportasi bagi kalian yang berangkat menggunakan sepeda atau sepeda motor seperti bensin, ban, helm dan lain sebagainya, jangan lupa pakai helm dan bawa SIM dan STNK (penting)
Persiapan hari pertama masuk sekolah
  1. Bangun tidur pagi-pagi (Shalat subuh dan berdo’a agar Allah SWT senantiasa memberikan kepada kita kekuatan dan keberkahan dalam hidup)
  2. Pergunakan seragam selengkapnya atau pakaian sesuai dengan peraturan/jadwal hari itu, karena setiap sekolah/tempat kerja memiliki aturan yang berbeda mengenai pakaian yang boleh dipakai ke sekolah atau tempat kerja masing-masing.
  3. Periksa kembali alat tulis yang akan dibawa. (Untuk kamu yang kebetulan kelas XI SMK, mayoritas banyak sekolah yang menentukan kegiatan PKL/Prakerin/PSG mulai bulan Januari 2016 ini, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu ya.. tentang tata tertib dan hal-hal penting di tempat praktik, karena beberapa bengkel/tempat praktik tentu mempunyai peraturan yang berbeda.
  4. Sarapan dulu sebelum pergi ke sekolah/tempat kerja karena sarapan bisa membuatmu lebih bertenaga dan semangat seharian. (Apabila yang berhajat Puasa Sunnah Seninan, maka usahakan  untuk “makan Saur” terlebih dahulu karena banyak barokah di waktu Saur itu).
  5. Pamit kepada kedua orang tua pada saat akan berangkat ke sekolah/tempat kerja (karena Ridho Allah tergantung kepada ridho kedua orang tua).
Hari pertama di sekolah / tempat kerja
  1. Apabila kelas sudah dibagi, carilah ruang kelasmu setelah tiba di sekolah, sehingga kamu bisa segera masuk ke kelasmu, apabila ada pengumuman agar seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing.
  2. Ucapkan salam, kemudian tanya kabar (say halo) dengan teman-teman yang mungkin dua minggu liburan tidak bertemu.
  3. Berjabat tanganlah (bagi yang makhrom) dengan guru, karyawan dan teman dengan baik, ajaklah teman-teman ngobrol yang baik, berbincang positif dengan teman akan membuatmu lebih cepat dikenal oleh mereka dan membuat kalian lebih dekat dengan mereka (teman). Dekat dengan teman sering kali membawa banyak keuntungan loh.
  4. Ikuti petunjuk apapun yang akan diberikan oleh pihak sekolah/tempat kerja, baik perintah untuk berkumpul di halaman atau masuk ke kelas masing-masing.
  5. Nikmati hari pertama sekolah/tempat kerjamu dengan riang gembira dan penuh kepercayaan diri. Ingatlah bahwa di sekolah/tempat kerja itu kamu akan menuntut ilmu (*yang sekolah) sebagai bekal masa depanmu.
Ingat : Menuntut ilmu adalah hal yang paling wajib yang dilakukan manusia untuk memperluas wawasan sehingga derajat kitapun dapat terangkat. Menuntut ilmu juga merupakan ibadah sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa “menuntut ilmu diwajibkan atas orang Islam laki-laki dan perempuan”.

Dalam Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Allah SWT juga berfirman, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.

Nah bagaimana tips-tips di atas? Semoga membantu kamu semua dalam menjalani kegiatan belajar di sekolah. Semoga bermanfaat. Sukses selalu… Keep Spirit !

Penulis : Saifudin Madu Go



_______________________________________________________


Terima kasih telah berkunjung di Website SMK Ma'arif 2 Gombong. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita atau Informasi dari kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com 

0 komentar:

Posting Komentar