.::Segenap Warga SMK Ma'arif 2 Gombong, besok hari Rabu, 22 November 2017 mengikuti Jalan Sehat Peringatan HUT PGRI di Kecamatan Gombong ::.

Rabu, 03 Februari 2016

Audit Eksternal ISO 9001:2008 di SMK Ma'arif 2 Gombong

Gombong, (30/4/2015) PT. TUV Rheiland Indonesia sebagai lembaga yang mengeluarkan sertifikat ISO melaksanakan Audit Eksternal ISO di SMK Ma’arif 2 Gombong. Bertindak sebagai asesor dalam kegiatan ini adalah Bapak Tengku Hermansyah dan Suliswiadi.



Acara yang dibuka oleh Ketua Komite SMK Ma’arif 2 Gombong, Kyai Fathul Hilal ini berlangsung dari jam 08,00 hingga 17.00 WIB dengan diikuti 13 unit kerja yang terdapat di SMK Ma’arif 2 Gombong. 



Kegiatan Audit Eksternal ISO SMK Ma’arif 2 Gombong ini melibatkan seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, karyawan, maupun siswa. Tim audit ini rencananya akan meninjau seluruh kegiatan managemen mutu yang ada di sekolah ini. 



Dalam sambutannya, pihak asesor Tengku Hermansyah menyatakan bahwa proses audit merupakan hal rutin yang harus dilaksanakan setiap lembaga untuk tetap menjamin mutunya. Audit tidak untuk mencari bentuk kesalahan namun lebih menekankan pada saling instropeksi, saling memperbaiki untuk mencapai hasil yang lebih baik dan optimal. 



Beliau menambahkan semua kegiatan harus meliputi 4 aspek yaitu Plan, Do, Check and Act. Dijelaskan bahwa tahap plan adalah tahap untuk menetapkan target atau sasaran yang ingin dicapai dalam peningkatan proses ataupun permasalahan yang ingin dipecahkan, kemudian menentukan Metode yang akan digunakan untuk mencapai Target atau Sasaran yang telah ditetapkan tersebut. 



Sementara do adalah tahap penerapan atau melaksanakan semua yang telah direncanakan di tahap Plan termasuk menjalankan proses-nya, memproduksi serta melakukan pengumpulan data (data collection) yang kemudian akan digunakan untuk tahap check dan act. 



Kemudian tahap check adalah tahap pemeriksaan dan peninjauan ulang serta mempelajari hasil-hasil dari penerapan di tahap do. Melakukan perbandingan antara hasil aktual yang telah dicapai dengan Target yang ditetapkan dan juga ketepatan jadwal yang telah ditentukan. Selanjutnya act adalah tahap untuk mengambil tindakan yang seperlunya terhadap hasil-hasil dari tahap check.  Tegas Tim Acessor. 



Sementara itu Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam perbaikan dan peningkatan mutu maka organisasi harus melakukan perbaikan setiap saat dalam bentuk kontinuitas. “Untuk itulah SMK Ma’arif 2 Gombong bekerja sama dengan PT. TUV Rheiland Indonesia melaksanakan Audit Eksternal ISO pada hari ini dengan tujuan perbaikan untuk mencapai SMK Ma’arif 2 Gombong yang berkualitas, dan untuk ketiga kalinya ini SMK Ma’arif 2 Gombong melakukan Audit Eksternal ISO 9001 versi 2008”. Imbuh Ngadino”



“Hasil apapun dari kegiatan Audit Eksternal ISO itulah mutu kita saat ini, Apabila terjadi  temuan-temuan nantinya yang kurang baik, maka harus di perbaiki di tahun-tahun selanjutnya untuk meningkatkan mutu SMK Ma’arif 2 Gombong.” Tegas Ngadino. 



Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ISO telah banyak memberikan manfaat dan keuntungan baik secara internal maupun eksternal. 



Beliau menambahkan bahwa ISO ini diharapkan menjadi cuality control system yang bertujuan sebagai perbaikan kinerja suatu organisasi. “harapannya ISO bagus Akreditasi juga bagus” Imbuh Imam. 


Selanjutnya Wakil Kepala Sekolah unit Manajemen Mutu Dra. Hartini menyampaikan jadwal kegiatan audit activity oleh team acesor kepada ke 13 unit kerja dan closing meeting diperkirakan insya Allah pada pukul 17.00 WIB. Ungkap Hartini. (SaifudinMDG)


_______________________________________________________


Terima kasih telah berkunjung di Website SMK Ma'arif 2 Gombong. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita atau Informasi dari kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com 

 

0 komentar:

Posting Komentar